Kualitas Kartu Pegawai Elektronik

Semenjak akhir tahun yg lalu, pegawai di lingkungan pemerintah daerah kabupaten kebumen memiliki kartu pegawai elektronik (kpe). Kpe ini konon merupakan program dari pemerintah pusat untuk mempermudah administrasi pegawanya. Sangat beragam fungsinya. Dari kartu identitas, asuransi, bahkan kartu atm. Sungguh sakti kartu ini.
Namun baru pertengahan tahun kartu ini dapat digunakan oleh pegawainya untuk bertransaksi keuangan. Dikarenakan proses administrasi oleh bank daerah yg belum memungkinkan serentak. Perlu sosialisasi di sana-sini. Itupun masih banyak yang takut memfungsikan sebagai kartu Atm. Maklumlah banyak yang tidak akrab dengan perangkat modern semacam mesin atm. Jadi kalo tanggal muda datang ke bank daerah pasti menjumpai antrian yg bukan main panjangnya.
Sejak bulan juni sayapun memakainya layaknya kartu atm. Sebulan paling tidak tiga kali memasukan kartu untuk bertransaksi tunai maupun nontunai. Dompet adalah tempat persembunyiannya dikala tidak terpakai.
Sampai dengan bulan desember ini saat awal bulan saya heran melihat kartu kpe yang akan saya pergunakan terbelah tiga. Seperti kertas tipis berlapis plastik laminating, sampai terlihat chip yang ada didalamnya. Kartupun urung saya masukan mesin atm. Takut kenapa-napa. Sampai akhirnya saya berpikir untuk membuat kartu atm dari bank yang sama. Karena tidak mudah untuk mengganti kartu kpe ini.
Sayapun datang ke csr bank daerah terdekat. Sayangnya saya salah informasi sehingga terlambat diluar jam ᑿ. Jadi saya tidak bisa membuat rekening baru. Di sana kartu saya cuma dilem pake lem kertas yg cair botolan. Dan diserahkan kembali untuk dipakai seperti biasanya.
Saya cukup heran menurut cs tadi sudah banyak yang komplain masalah kartu yang rusak. Kalo dibandingkan dengan kartu atm dari bank lain yang saya miliki usianya sudah 4 tahunan lebih tua tapi kondisinya masih prima. Jadi amat sangat disayangkan kartu pegawai elektronik dengan segenap fungsi dan manfaatnya ini mudah sekali rusak.
Lalu pertanyaannya berapa besar dana yang digunakan untuk proyek kpe ini, mengapa kualitasnya cuma segini. Bagaimana dengan kualitas ktp elektronik nanti yanh kabarnya akhir tahun ini akan dibagikan? Sayang kalo kualitasnya tidak bagus. Mubazir uang rakyat kalo hasilnya kurang memuaskan.
Sekian…
Posting dari Gmail

Berikan Balasan

