Materi Sosiologi Itu Sesuatu…

Sebagai guru IPS yang sudah lama tidak megang mapel ini, terus terang untuk memahami materi  diluar keilmuan saya merasa kesulitan. Saya hanya memahami ekonomi, biarpun sebenarnya ekonomi SMP itu jauh dari unsur Akuntansi seperti jurusan yang saya ambil di bangku kuliah.

Sebelumnya saya selama lima tahun full mengajar TIK. Jadi ketika mendapat mapel IPS saya seperti dilahirkan kembali ke dunia yang sangat asing. Untung saja masih ada rekan yang bisa saya ajak berbagi. Ada guru IPS lain yang dari Jurusan Sejarah, ada yang dari Geografi. Jadi 2 materi kemaren saya bisa banyak bertanya kepada beliau.

Namun pada materi ke tiga kali ini materinya tentang Sosiologi. Nah di tempat saya mengajar tidak ada guru yang mempunyai keahlian Sosiologi. Jadi saya merasa kesulitan ketika harus menyampaikan materi ini kepada peserta didik.  Seperti membedakan antara Imitasi dengan Identifikasi. Jika pada contoh imitasi meniru gaya rambut, gaya pakaian, identifikasipun ilustrasi yang digunakan salah satu buku BSE juga memberikan hal yang sama..

Terus bagaimana ini, jangankan berpikir strategi, materi saja pun saya belum menguasai. Teringat akan guru sosiologi SMA saya, beliau aslinya guru bahasa Jerman. Tetapi karena tidak ada jurusan bahasa, beliau mengajar Sosiologi. Jadi kalo dulu saya merasa mengantuk, jangan-jangan sekarangpun banyak murid saya yang mengantuk.. wadaw…:mrgreen:

 

2 pemikiran pada “Materi Sosiologi Itu Sesuatu…

  1. Saya dulu mendapat nilai 9 untuk mata pelajaran sosiologi. Gara-garanya, nulis makalah yang judulnya Kesenian Tradisional Sunda yang Menghilang..mungkin pak guru bisa belajar dari saya,wkkwkk….padahal ga tau juga kenapa dinilai bagus ya…tapi saya dulu suka sosiologi bukan karena hafal atau tau definisi tertentu, tapi saya suka karena membahas tentang perilaku masyarakat, kebiasaan, budaya dll.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s